Pages

10 July 2016

PROFILE PT MITRA KELUARGA KARYASEHAT Tbk

company profile stock mitra keluarga hospital group indonesia
Logo & Profil PT Mitra Keluarga

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk adalah pengelola rumah sakit Mitra Keluarga Group yang didirikan pada 3 Januari 1995. Awalnya, perusahaan ini bernama PT Calida Ekaprana yang kemudian berubah menjadi PT Mitra Keluarga Karyasehat. Perusahaan ini berkantor pusat
di Jalan Letjend. Suprapto Kav-4 Jakarta Pusat 10510 dan memiliki kantor operasional di Jalan Bukit Gading Raya Kav-2 Kelapa Gading Jakarta.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Mitra Keluarga, antara lain: PT Griyainsani Cakrasadaya (pengendali) (32,30%) dan Lion Investmens Partners B.V. (49,70%). Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan PT Mitra Keluarga Karyasehat adalah bergerak dalam bidang jasa konsultasi bisnis dan manajemen termasuk jasa manajemen rumah sakit. 

RS Mitra Keluarga tercatat sebagai RS swasta terbesar kedua di Indonesia berdasarkan jumlah kapasitas tempat tidur. Total kapasitas tempat tidur hingga saat ini sekitar 2.000 tempat tidur, tersebar di jaringan rumah sakit Mitra Keluarga di Jabodetabek, Jawa Tengah dan Surabaya. 

Tanah dan bangunan rumah sakit Mitra Keluarga tersebut merupakan milik perseroan. Setiap rumah sakit yang dimiliki PT Mitra Keluarga Karyasehat terdapat ruang gawat darurat, ruang operasi, unit perawatan intensif, farmasi, laboratorium, dan radiologi. 

Pendapatan PT Mitra Keluarga Karyasehat secara garis besar berasal dari pendapatan rawat inap dan rawat jalan. Lebih dari 93% pendaftaran pasien rawat inap dan 88% pasien rawat jalan merupakan repeat patients. Tingginya angka repeat patients tersebut menunjukkan bahwa MIKA memiliki basis pelanggan yang loyal. Occupancy rate rumah sakit Mitra Keluarga saat ini average berada pada level yang cukup, yaitu diatas 60%.

Pada 12 Maret 2015, Mitra Keluarga memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menawarkan saham perdana (initial public offering/IPO) kepada masyarakat sebanyak 261,9 juta lembar saham. Hingga akhirnya pada hari Selasa 24 Maret 2015 PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk mencatatkan sahamnya di PT Bursa Efek Indonesia sebagai Emiten ke 507 di BEI dengan kode saham MIKA.

Saham yang ditawarkan terdiri dari 72,75 juta lembar saham baru, dan 189,15 juta lembar divestasi saham pendiri dengan nilai nominal Rp100 per saham. Namun, saham RS Mitra Keluarga ditawarkan pada harga premium yakni Rp 17.000 per lembar.

Ir. Rustiyan Oen, MBA sebagai Presiden Direktur PT Mitra Keluarga Karyasehat, mengatakan perseroan akan mengoperasikan 18 rumah sakit pada 2019 dengan target jumlah tempat tidur rawat inap sebanyak 3400 tempat tidur.

Pada bulan Mei 2016, Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai total Rp363,8 miliar kepada pemegang saham, sesuai keputusan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar Jumat (27/5/2016) di Jakarta. Posisi kas bersih mencapai Rp 2,3 triliun tanpa memiliki utang. 

Hingga tahun 2015, perseroan telah memiliki rumah sakit sebanyak 12 unit, tersebar di berbagai kota yaitu:

  1. RS Mitra Keluarga Bekasi Barat (kapasitas 272 tempat tidur) dikelola oleh PT Proteindo Karyasehat.
  2. RS Mitra Keluarga Bekasi Timur (kapasitas 290 tempat tidur) dikelola oleh PT Proteindo Karyasehat.
  3. RS Mitra Keluarga Cikarang (kapasitas 162 tempat tidur) dikelola oleh PT Proteindo Karyasehat.
  4. RS Mitra Keluarga Kelapa Gading (kapasitas 167 tempat tidur) dikelola oleh PT Ekamita Arahtegar
  5. RS Mitra Keluarga Cibubur (kapasitas 126 tempat tidur) dikelola oleh PT Ekamita Arahtegar
  6. RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta (kapasitas 85 tempat tidur)
  7. RS Mitra Keluarga Surabaya Darmo Satelit (kapasitas 184 tempat tidur) dikelola oleh PT Alpen Agung Raya
  8. RS Mitra Keluarga Waru (kapasitas 126 tempat tidur) dikelola oleh PT Alpen Agung Raya
  9. RS Mitra Keluarga Kenjeran (kapasitas 202 tempat tidur) dikelola oleh PT Alpen Agung Raya
  10. RS Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta (kapasitas 166 tempat tidur) dikelola oleh PT Karyasukses Mandiri
  11. RS Mitra Keluarga Depok (kapasitas 204 tempat tidur) dikelola oleh PT Ragamsehat Multifita
  12. RS Mitra Keluarga Tegal (kapasitas 120 tempat tidur) dikelola oleh PT Citra Mandiri Prima
sumber: bisnis.com & mega capital